Sabtu, 08 September 2012

CARA-CARA MEMANDIKAN MAYAT

,

 MEMANDIKAN MAYAT


11.  SYARAT –SYARAT   MAYAT  YANG  PERLU  DI  MANDIKAN
Setiap manusia yang meninggal dunia harus di mandikan dan dibersihkan tubuh nya apabila memenuhi syarat-syarat berikut:
a. mayat itu seorang  yang beragama islam.
B. ada tubuhnya walaupun sdikit.
c. meninggalnya bukan karna mati syahid.

22. CARA-CARA MEMANDIKAN MAYAT

Sesudah meninggal dunia,jenazah wajib dimandikan oleh keluarga yg terdekat(bapak,anak,adik,ibuk,dan lain-lain)dengan petunjuk dari orang-orang yang telah bisa memandikan mayat,dan memandikan jenazah bisa juga di lakukan siapa saja sekalipun oleh orang kafir,orang yang mempunyai jinabat orang yang sedang haid.
Sebelum memandikan jenazah, diharapkan orang yang memandikanya berniat trlebih dahulu.niat memandikan jenazah ini adalah hukumnya  sunat bagi yang melakukannya ,dan wajib niat bagi yang mengganbilkan wudhunya dengan niat sebagai berikut:

“AKU NIAT MENGAMBIL AIR WUDHU UNTUKNYA”
Tentang tata cara memandikan jenazah maka yang terlebih dahulu dilalukan adalah dengan membersihkan anggota wudhunya ,kemudian seluruh anggota badan di bersihkan dari najis yang ada pada badannya ,kemudian disiram dengan air beberapa kali.  Mula-mula dengan air biasa, kemudian dengan air yang di campur daun bidara,  dan yang terakhir dicampur dengan kapur barus, dan ini dilakukan sebanyak  tiga kali namun bisa lebih jika dianggap perlu. Serta mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan dan di lanjutkan dengan anggota tubuh bagian kiri,dan lubang-lubang yang terdapat pada bagian tubuh diharapkan ditutup dengan kapas.



3.MAYAT YANG HARAM DIMANDIKAN

A.orang yang mati syahid yaitu orang yang mati dalam medan peperangan dalam menegakkan agama islam atau menegakkan agama allah dan mayat ini juga haram untuk disholati.
B.orang kafir/munafik,orang kafir adalah orang yang terang-terangan tidak mengakui akan ke benaran ajaran-ajaran agama islam dan memusuhinya. Sedangkan orang munafik adalah orang yang memeluk agama islam namun ada batinya selalu mmenyimpan permusuhan terhadap islam.

4.  MATI BUNUH DIRI
Para ulama berpendapat orang yang yang meninggal dunia keana bunuh diri, tidak wajib untuk di mandikan dan di sholatkan melainkan cukup di kubur saja.

5.  ATURAN MEMANDIKAN MAYAT
a. apabila orang yang meninggal itu laki-laki maka yang memandikanya adalah laki-laki,begitu juga perempuan apabila yang meninggal perempuan maka yang memandikanya permpuan kecuali ahli muhrimnya.
b. sebaiknya orang yang memandikanya adalah kerabat dekat sendiri.
c. suami boleh memandikan istrinya, begito juga dengan istrinya boleh memandikan                       suaminya.
D. yang memandikan tidak boleh menceritakan tentang cacat tubuh mayat andai terdapat cacat pada tubuh mayat itu.

di susun "asep"

0 komentar to “CARA-CARA MEMANDIKAN MAYAT”

Posting Komentar

 

inti blogger Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger